Monday, 23 March 2009

Skema Pemancar TV VHF


Mengingat banyak yang menghendaki skema pemancar tv vhf 500 mW seperti pada postingan yang lalu , inilah skema rangkaian-nya.

67 comments:

  1. ini sudah pernah di uji cobakan belum....
    saya mau tanya sepertinya itu penguat untuk pemancar fm apa bisa di gunakan juga untuk mendorong tv modulator.
    Dan juga kalau saya pakai tv modulator bekas vcd apakah bisa digunakan juga.

    Terimakasih,
    Anto depok-jabar

    ReplyDelete
  2. pak Rudy yg terhormat, saya sdh merakit pemancar tv vhf 500mw dari skema yang bpk posting diatas. Namun yg menjadi kendala gimana cara ngetrim trimmer (ada 4) agar mendapatkan hasil terbaik. Perlu diketahui peralatan semacam SWR mtr dan Pwr mtr saya tdk punya. Mohon petunjuk sederhana mulai dari trimmer mana yg di trim dulu, sampai peralatan bantu sederhana yg bisa dibuat untuk keperluan diatas. Dari rangkaian yang sdh saya coba kenapa transistor final c1970 meninbulkan panas yg amat sangat? Satu lagi antena apa yang cocok untuk pemancar dimaksud.

    Terimakasih:
    Yanto- Jatiwangi-Majalengka

    ReplyDelete
  3. 1.Pro: Mas Anto - Penguat RF pada dasarnya cenderung sama rangkaianya baik untuk pemancar FM maupun pemancar TV VHF. Rangkaian sudah dibuat dan dipasarkan. RF modulator vcd merupakan basis rangkaian ini.
    2.Pro : Mas Yanto - Cara tuning dimulai dari bagian penguat awal berikutnya ke penguat akhir hubungkan ke antena yang sesuai, kemudian di-tuning scara bertahap sampai mendapatkan gambar yang bagus dan daya rf yang paling besar (sebaiknya menggunakan swr-meter)

    ReplyDelete
  4. Pro : Mas Yanto
    Penguat RF untuk pemancar TV merupakan penguat linear yang biasanya bekerja pada kelas A hal ini membuat transistor penguat cenderung panas, tetapi harus dalam batas wajar. Pada rangkaian yang saya buat transistor final 2sc1970 tidak panas hanya hangat sedikit bisa jadi terjadi osilasi parasitik pada rangkaian penguat rf di depan sehingga timbul panas berlebihan.

    ReplyDelete
  5. Buat teman-2 yang sedang mencoba membuat penguat untuk pemancar TV, sebaiknya membuka hati bahwa membuat penguat RF pemancar TV bukan pekerjaan yang mudah bagi orang yang belum menguasai perilaku penguat RF bidang lebar. Kalau nggak percaya tanya Pak Rudy.... kalau Pak Rudy yang bikin biar dirakit diatas batu menggunakan kumparan dari kawat jemuran kan pasti baik hasilnya karena sudah tahu kunci rangkainya. Belajar harus sabar.......BOzzzz

    ReplyDelete
  6. Saya sudah membuat persis rangkaian yang ada di blog, memang awalnya sangat sulit untuk mendapatkan gambar dan suara yang baik serta dapat diterima pesawat tv pada jarak yang relatif jauh (waktu nyoba pesawat TV saya letakan +/- 10m dari saya merakit) dan pemancar saya hubungkan dengan antenna dipole untuk ch-8 menggunakan kabel rg-58 setelah ketemu tuning untuk VC maka kumparan saya sempurnakan renggang atau rapatnya dan hasilnya bisa diterima di rumah saudara saya yang menggunakan antenna yagi 12 elemen vhf pada jarak lebih dari 500 m dengan gambar yang masih jelas meskipun mulai mengandung noise. Untuk teman-2 yang mencoba ya harus bersabar apalagi kalau nggak punya swr/rf watt meter ya...harus suabaaaaar puol apa lagi yang belum paham elektronika seperti kata Pak Rudy... ya jangan bermimpi. Salam buat Pak Rudy di Jombang....minal aidzin maaf lahir batin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagi aku mudah tidak punya swr meter cukup seder hana dari iner cari lampu 12vol. satu di solder yang satu tidak dari depan ditrimer berurutan cari yang terang . masalahnya rf. radio frequensi. kan selamat mencoba.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  7. Pak jombang antena apa yang cocok untuk pemancar tv vhf,lalu ada gak penguat yg lebih besar lagi agar daya pancar lebih jauh?klaw ada tolong di gambarkan makasih
    Sallam otoyfm bandung

    ReplyDelete
  8. @ Mas Dede K. : Makasih Mas " selamat Hari Raya Idhul Fitri Maaf Lahir Batin "
    @ Mas Otofym Bandung : Antena yang biasa digunakan yagi 5 elemen sebanyak 4 buah (stacking)dengan menggunakan phasing line kabel rg-11 atau disesuaikan kebutuhan dipasang pada 4 arah mata angin dengan polarisasi horizontal. Untuk Penguat RF tahap berikutnya saya menggunakan 2sc1971 skemanya denderung sama dengan penguat akhir 2sc1970 seperti pada skema.Untuk daya yang lebih besar lagi belum mencoba.

    ReplyDelete
  9. Asslmualaikun Pak Rudy..,saya sudah membuat pemancar tv persis sama dng blog yg bpk gambarkan walaupun 70 agak panas tapi saya pasang elemen pendingin yg agk besar rencananya untuk penguat 71 yg bpk intruksikan cuma kendalanya di bandung susah di dapat?kiranya pak rudy punya solusi lain ataw untuk rekan2 yg menpunyai stok bisa kirim infonya ke emailku di t.rohendi@gmail.com
    Trims pak rudy
    Wasalam otoyfm

    ReplyDelete
  10. bang mohon bantuannya, untuk membuat pemancar TV VHF/UHF dengan daya pancar kira kira 5 km dimana saya bisa mendapatkan KIT nya, atau kalau mau pesan dimana tempatnya, ini saya pakai untuk keperluan kepramukaan, jadi saya cari yng mudah untuk dipindah pindah tempat. terima kasih
    wahyu_kencana69@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  11. Makasih Mas, untuk pemancar TV uhf banyak yang nawarkan di internet menggunakan video modulator build up coba cari di google menggunakan key word pemancar tv uhf. Pamancar TV yang mampu menjangkau jarak 5 km diperlukan daya yang cukup besar ( diatas 10 w normalnya sesuai standard penerimaan signal televisi )dan antenna juga harus berpenguatan besar ......salam

    ReplyDelete
  12. yang model pake modulator balance and if,punya nggak pak.yang professional tv transmitter gitu,walo cuman daya kecil 10watt.

    ReplyDelete
  13. Mas kalo pesan sudah jadi berapa ? dan kalo berupa kit nya berapa ? serta antennya untuk chanel vhf
    untuk jarak pancaran 2-5km
    saya tunggu balasannya diemail cms_ujang@yahoo.com

    ReplyDelete
  14. Pak Rudy terima kasih atas impormasinya mengenai pemancar vhf masalah modulator rf nya saya ada chanel 2dan 3 kalau hanya pcb nyas aja sama anten pemancar saja bisa engga berapa harganya pemancar untuk 2 -5 km terima kasih ya sudah ngerepotin

    ReplyDelete
  15. ass mas rudi.saya mau bikin pemancar tv untuk warga saya.kira2 jangkauan 5km persegi.saya pake rf vcd.berapa penguat yang idial untuk jarak tersebut.dan saya mohon skema penguatnya.apabila ams rudi berkenan email ke saya: gatholsemak@yahoo.co.id.mathornuwon mas rudi

    ReplyDelete
  16. Pemancar TV pada frekwensi VHF agar bisa menempuh jarak sampai dengan 5 Km diperlukan daya sekitar 10 W ( ini scara teori seperti dikemukakan Ir. Aries E. Sebayang Konsorsium Industri Televisi Indonesia (KIT-Indo)
    Ketua Umum)juga harus didukung antena yang memadai. Terimakasih

    ReplyDelete
  17. Pak Ruby yg baik, bisa gk sekalian dengan perancangan antena nya untuk penguat daya rf ini. Saya masih bingung dalam membuat antena penguat tv vhf ini, terimakasih.

    ReplyDelete
  18. pak kira-kira habis berapa jika sama antena?mudahan2 cocok untuk kantong anak sekolah pak. kami berniat membuat tv koumintas pak ..makasih bapak yang baikkkk....

    ReplyDelete
  19. pak, apakah bisa optimal klo menggunakan tr C1970? karna setahu saya tr jenis c1970 itu 127mhz,sedangkan pemancar tv berada di frekwenci sekitar 400mhz....

    ReplyDelete
  20. Saya sudah bwt dri skema diatas, lumayan rumit dan susah bikinnya tidak segampang yang terlihat. Untuk rekomendasi mempermudah merakit kita harus mempunyai alat VSWR meter dn Frekuensi Counter. Swr berfungsi melihat output power dan frekuensi counter untuk stabilitas kerja booster. Soalnya booster harus bekerja difrekuensi yang sesuai dengan modulator/input frekuensi awal dan bisa terliat di frekuensi counter. Jangan harap bisa menampilkan gambar yang baik jika frek output booster masih tak sinkron dengan input frek awal. Mdah2an jadi sedikit pencerahan, bagi anda yang hobi pemancar.. skema diatas sudah saya kembangkan hingga penguat c1946 hingga c2695.. untuk c2630 blm dicoba. Watt keluar max, 15 hingga 20watt bahkan bisa lebih. Cukup untuk satu kota.

    ReplyDelete
  21. Saya juga sudah membuat persis skema dari Pak Rudy dan RF Video Modulator berasal dari VCD kuno merek Souba hasilnya sangat baik untuk daya antara 5-10 W menggunakan final 2SC2094 sedikit saran .... kalau belum paham tentang rangkaian RF sebaiknya nggak usah mencoba rangkaian ini dari pada pusing...!!! Trimakasih banyak Pak Rudy, salam buat konco-2 di Jombang.

    ReplyDelete
  22. pak rudy,skema bpk sdh saya coba dan bekerja,hny saja saya mohon bpk kirimkan utk ant.nya yg simple saja...terima kasih

    ReplyDelete
  23. apa jenis ant.nya mohon bpk kirimkan ke along_ardinova@yahoo.com dan terima kasih

    ReplyDelete
  24. skema ini kalau tidak dibantu sama vcd/dvd apakah bisa bekerja online di frekuwensi ngga pak Rudi ? ( tanpa dipasang vcd/dvd)

    ReplyDelete
  25. saya mahasiswa telekomunikasi semester akhir yg sedang berencana membuat pemancar TV untuk tugas akhir saya.
    modul pemancar yg ada sekarang bisa menjangkau radius 5 km (terakhir digunakan pertengahan 90'an).
    karena di kampus ingin dioperasikan kembali, maka dibutuhkan modifikasi untuk bisa menjangkau hingga 10 km.
    kira2 apa yang harus saya lakukan.
    terus terang, basis telekomunikasi yang saya punya sehingga tidak begitu mengerti elektronika.
    mohon tanggapan dan bantuannya.
    e-mail: sudirman7maliang@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  26. Biar jangkauanya tambah jauh tinggal buatkan penguat RF lagi semacam Booster pemancar skema banyak di Google ......!!!!

    ReplyDelete
  27. pada schematic diatas modulator berasal dari bekas modulator VCD.
    dengan penguat seperti yang tertulis dalam schematic diatas tidak mungkin bisa hidup, karena penguatan terlalu singkat dan terlalu lemah, akan mengakibatkan terjadinya pelipatan frequency gambar, karena dalam pemancar televisi selain dari penguatan juga linieritas gambarnya harus benar-benar lurus.
    sehingga dalam hal ini penguatan pasti agak banyak dengan output trimer C masing-masing supaya input pada transistor tidak dipaksa dan akan menghasilkan penguatan yg seimbang antara video dan audio.......thank

    ReplyDelete
  28. askum...mas RRE Jombang.....saya newbie dalam dunia rf.... saya punya sender vhf, entah outputnya berapa ngak tahu... saya udah nyoba sampai c2053 aja hasilnya lumayan... saya mo coba bikin powernya pake c1970....

    yang saya tanyakan:
    1.power supply yang di butuhkan berapa ampere?
    2.skema power supplynya yang cocok untuk pemancat TV VHF ini seperti apa(minta skemanya dong)?
    3.kabel yang digunakan sebagai feeder menggunakan kabel merek apa? loosenya yang kecil tapi ekonomis?
    4.skema antenanya (detailnya / jenis / ukurannya) seperti apa?
    5.yang bagus untuk ukuran pemancar 500mw kabelnya berapa meter yang digunakan untuk mencapai hasil yang optimal?

    mohon dikirim ke email saya.....

    terimakasih sebelumnya waskum.....

    achsanhamidi@yahoo.com

    ReplyDelete
  29. askum...mas RRE Jombang.....saya newbie dalam dunia rf.... saya punya sender vhf, entah outputnya berapa ngak tahu... saya udah nyoba sampai c2053 aja hasilnya lumayan... saya mo coba bikin powernya pake c1970....

    yang saya tanyakan:
    1.power supply yang di butuhkan berapa ampere?
    2.skema power supplynya yang cocok untuk pemancat TV VHF ini seperti apa(minta skemanya dong)?
    3.kabel yang digunakan sebagai feeder menggunakan kabel merek apa? loosenya yang kecil tapi ekonomis?
    4.skema antenanya (detailnya / jenis / ukurannya) seperti apa?
    5.yang bagus untuk ukuran pemancar 500mw kabelnya berapa meter yang digunakan untuk mencapai hasil yang optimal?

    mohon dikirim ke email saya.....

    terimakasih sebelumnya waskum.....

    achsanhamidi@yahoo.com

    ReplyDelete
  30. Pak Rudi kenapa ya rangkaian modulator uhf pas di cun udah pada frekuwensi uhf di tv nya tetapi ketika di cek lagi pada tv tetangga ko berada di frekuwensi fhv padahal ini modulator uhf jadi ngga sama dengan yang di rumah saya begitu Pak Rudi. mohon penjelasannya atau kesalahannya.terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  31. Budi Darmawan30 May 2010 22:24

    Buat Mas Awan....skema pemancar yang ada itu bekerja pada chanel VHF bukan UHF. Menanggapi komentar Mas Apit Mulyana memang ada betulnya, kalau menginginkan linearitas gambar yang baik ya diperlukan beberapa tingkat penguat dimana masing-2 penguat tidak terlalu dipaksa penguatanya, tetapi skema yang ada di blog ini juga terbukti bekerja dengan baik asal kita paham tentang elektronika dan sedikit telaten. Jadi kalau dikatakan tidak mungkin bisa hidup.... ya ...mungkin yang mengatakan belum mencoba atau pasti tidak mengerti teori dasar frekwensi tinggi dan penguat bidang lebar juga tentang penguat linear.....ha...ha... salam buat Pak Rudy dan teman-2 RRE di Jombang

    ReplyDelete
  32. ceritanya gini saya punya skema modulator UHF hasil dari kumpulan skema google saya coba rakit dan bekerja di frekuwensi UHF pada TV di rumah saya pribadi ,tetapi begitu saya pingin cek di rumah tetangga apa ketangkap sinyal/gambarnya ternyata bisa tertangkap di terima pada frekuwensi VHF bukan di frekuwensi UHF sebagaimana di rumah saya pada UHF gitu. Itu kesalahan dari apanya ko bisa berbeda .mohon penjelasan dan bantuannya.Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  33. Maaf ya Mas awan mungkin kebanyakkan disini tidak pada ngerti dalam RF dan yang bersangkutan dengan elektronika/komunikasi

    ReplyDelete
  34. Mohon informasi klo minta dibikinin Kit untuk Pemancar 2-5km.dan klo boleh skemanya dong untuk yang mampu cover 2-5km.

    Rencana mau digunakan untuk Salah satu SMKN di solo...
    Mohon kirim informasinya di cyber.tecnology.inc@gmail.com

    ReplyDelete
  35. bos q minta osilator rf uhf skematic klo punya, tolong kirim ke cengkox1@yahoo.co.id, makasih sebelumx

    ReplyDelete
  36. Buat mas Awam, mungkin ada kesalahan pada saat tuning pesawatnya. Jika anda mempunyai alat yang namanya frekuensi counter itu bisa ketauan modulator yang mas Awam buat mancar difrekuensi brapa masuk kanal vhf ato uhf.

    ReplyDelete
  37. Kepada Bp Rudy mau tanya ni,
    1. Kami telah mencoba skema yg difoto tersebut bisa namun kendalanya c2053 kok begitu panas namun 1970 tidak, kendala apa yang sekiranya mempengaruhi hal tsb?
    2. Jarak antena ke tanah berapa meter biar bisa menjangkau lebih jauh dan yang dimaksud antenanya menuju mata arah angin itu bagaimana dengan penggabungan kabelnya?
    3. Bisa minta foto untuk antenanya dan skema penguat akhir 1971 yang Bapak gambarkan di forum atas and kalau bisa dikirm ke sharingmultimedia@gmail.com
    Kami ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
  38. Foto yang sudah jadi itu kok gak ada R 3k3 nya? Sedang di skemanya ada.

    ReplyDelete
  39. Hambatan 3K3 berada di bawah PCB soalnya kurang/kliwatan waktu ngebor.....ha...ha...kayak Inul...!!!

    ReplyDelete
  40. Mas aku mau pesan aja pemancar tv yang 3-5 km kira2 brapa ya? end kalau bisa prekwensi yang bisa di set tolong dong di infokan ke : chaesar50@yahoo.o.id

    ReplyDelete
  41. Aq gagal ngrakit... gak tlaten..

    ReplyDelete
  42. wah boleh juga tuh kalau terima jadi brapa ya..?

    ReplyDelete
  43. an service/ an production17 June 2011 21:59

    q aku juga mita osilator tv uhf ni dari an service kaloran tolong kirimin ke anang.hadiw@YAhoo.com

    ReplyDelete
  44. kalau gambar stsu logo dsri komputer bisa ngga ya selain pakai vcd/dvd.tolong penjelasannya pak

    ReplyDelete
  45. tolong donk, skema osilator UHF sama booster'a klo bisa...
    bayoe_rama@yahoo.com

    ReplyDelete
  46. Pak Rudy, bisakah antene telex digunakan untuk pemancar TV

    ReplyDelete
  47. Budi Mojoagung10 October 2011 13:05

    Pak Rudy, bisakah antene telex digunakan untuk pemancar TV

    ReplyDelete
  48. Bisa Pak, asalkan ukuran-2nya disesuaikan dengan frekuensi kerja pemancar TV-nya

    ReplyDelete
  49. pak kalo antena dipole jg bisa pak,...

    ReplyDelete
  50. sy pernah pakai RF VCD, output diumpan ke Penguat RF FM, hasilnya lumayan, denga final C1971 da driver 2053

    ReplyDelete
  51. Bagus juga tuh yai RRE Jombang, saya pikir2 mungkin bisa kali ya pakai RF National NV-480, sbb di dalamnya ada tuh UHF nya.

    ReplyDelete
  52. Superior test Andrew. Inquire many of your friends that love tools.
    I’m sure they will support.
    My web site - Treatment For Genital Warts

    ReplyDelete
  53. You cause it to seem to be very easy together with your speech, however am locating this specific matter for
    being actually something i really feel I would personally
    certainly not have an understanding of. Seems like very complex and intensive personally.
    I’m taking a look forward with your future weblog,
    I will seek to have the suspend than me!
    Also visit my weblog Treatment Of Genital Warts

    ReplyDelete
  54. sekedar share….untuk yng lagi nyari pemancar tv uhf 5 w lengkap ant dan kabel hanya 6.5jt silahkan kunjungi http://pemancar99.com/ atau 085693502688 invite bbm 3280dbc1 ,untuk pemancar fm juga ada……sukses untuk blog rre-jombang nya…..

    ReplyDelete
  55. saya pernah coba skema diatas,, gambar d tv ga linear melipat lipat dan edup sekali , 1.krn transistor 1970 telalu d paksakan keja d freq terlalu atas 2. modulator out telalu kecil rf nya , saya tambahkan penguat video sistem AM untuk modulator rf dan beri penyangga 1 tingkat lagi ,dan C1970 saya ganti transistor asli untuk vhf langsung joss dgn skema mifip d atas.C1970 ga mampu membawa signal gamba yg sangat lebar kia 6 mhz

    ReplyDelete
  56. Skema diatas memang merupakan rangkaian penguat RF bidang lebar yang cenderung dipaksakan hanya beberapa tingkat untuk mendapatkan daya RF relatif cukup besar (+/- 300-1000mW)akibatnya diperlukan penalaan yang betul-2 tepat untuk masing-2 tahap penguat agar didapatkan kualitas gambar yang "linear" dan suara yang jernih. Terimakasih kepada teman-2 yang sudah memberikan perbaikan dan pendapatnya sehingga bermanfaat bagi yang lain.

    ReplyDelete
  57. saya praktek kokmjuga belum berhasil ya,, hehehehe

    ReplyDelete
  58. malah setress aku kang mikir iki..?

    ReplyDelete
  59. pak rudy minta dicarikan tr yang bisa kerja di frekuensi 206MHz
    dengan optimal selain minC1970 dan C1971 yang ft : 175MHz aja
    trims

    ReplyDelete
  60. pak rudi minta skema antena segala arah untuk tx TV VHF206MHz
    trims

    ReplyDelete
  61. om,mas Setyo Budi tr BLV 59,,,BLV97 bisa Vhf dan Uhf

    ReplyDelete
  62. untuk membuat pemancar dengan frekuensi 400Mhz pakai tr berapa baik nya mas?

    ReplyDelete
  63. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete