Thursday 9 October 2008

Pemancar TV VHF 500mW.



Pemancar TV VHF ini berbasis RF modulator VCD player dengan menambahkan penguat RF bidang lebar yang ditala pada kanal 7 VHF. RF Modulator yang digunakan sebaiknya yang menggunakan combiner dengan kwalitas baik, hal ini dapat kita lihat dengan digunakanya dua buah transformator frekuensi tinggi. Satu transformator oscilator sinyal pembawa suara(5,5 MHz.) dan sebuah transformator seimbang untuk memadukan (combine) sinyal (sub) pembawa suara yang bermodulasi frekuensi (FM) dengan sinyal utama pembawa gambar dengan sistem modulasi Amplitudo Vestigial Side Band (AM VSB). Pemancar Televisi ini pernah dibuat dengan daya 2 watt dengan kwalitas gambar dan suara bagus yang mampu menempuh jarak lumayan jauh (lebih 2 km). Untuk mendapatkan hasil yang baik pada waktu pemasangan dengan antena sebaiknya disertakan antenna coupler untuk penyesuaian impedansi sehingga dapat dihasilkan gambar dan suara yang optimal dan jarak tempuh yang paling jauh. Pemancar ini sudah banyak dibuat untuk pesanan keperluan penyiaran terbatas di beberapa kota di luar kota Jombang. Contoh diatas menggunakan penguat RF tahap akhir 2sc1970 kalau untuk daya yang lebih besar diperlukan beberapa tingkat penguat RF lagi.

36 comments:

  1. mantap bro..
    http://txfm.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. minta skema rangkaian dunk,,,
    by email aja ke zurie_odc@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  3. masa RRE yang baik hati,bisa engga aku minta skema pemancar Tv VHF 500mW diatas,kirim aja ke : Technical_prb@yahoo.com. aku ucapkan terimakasih sebelumnya.
    salam saya Ajius

    ReplyDelete
  4. "om RRE yang guanteng.." aQ minta skema Pemancar TV VHF 500mW. kirim aja ke mail ku : wibowoh@ymail.com
    makasih sbelumnya ya Om"

    ReplyDelete
  5. SALAM MULAIKUM DARI JIMI MAHASISWA KAMPUS MAU MINTAK BANTU MA PAK RUDI UNTUK MENJELASKAN SISTIM KERJA PEMANCAR TV VHF 500MW ITO YA PAK RUDI

    ReplyDelete
  6. Nice Blog for FM Transmitter, Keep Update!Thank for Aticles

    ReplyDelete
  7. minta skemanya boleh g? saya dari magelang

    ReplyDelete
  8. pak Rudi Sy dari magelang kalau boleh minta skema
    skalian skema antenanya soalya kalau pas lagi
    nyoting pengajian yg luar ruangan g bisa liat
    penceramahnya tlng kirim skema lwat emailku
    imams.studio@gmail.com trim..

    ReplyDelete
  9. pak,saya sedang buat pemancar vhf tetapi jarak jangkauannya cuma 5 meter,apakah boleh saya minta skemanya beserta detail komponennya??kalau boleh kirim ke email saya pak rief_krenz87@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  10. Kalo mo beli harganya berapa bro ... ??? 'n cara belinya gimana ? Infonya donk ke z190379@yahoo.com

    Ok bro ... tak tunggu kabarnya !!!!

    regards
    Keceng

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. waduh ketemu nih TX TV nya mantaaaabbbb :-)

    ReplyDelete
  13. Buat teman-2 terimakasih partisipasinya semoga bisa saling membantu

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  15. Untuk yang memerlukan rangkaian pemancar tv kami mohon maaf sebab rangkaian dimaksud sudah tidak dibuat lagi sebab stok RF Modulator VCD yang cocok untuk skema tersebut diatas sudah langka....terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagi sobat ingin modul bekas rf vcd hubungin ane di email: asmltdgroup@gmail.com
      kata lapak manjal 20.ribu perbiji.dan ongkos tanggung sendiri tapi om
      saya mauu bantu sobat-sabat semuanya...salam kenal sebelumnya makasih

      Delete
  16. Yang penting skemanya dong om....
    Bagian RF Modulator VCD dibikin blok/kotak aja...trus selanjutnya skema rangkaian lanjtannya mungkin .. bufer, driven, final nya seperti yg di foto itu....
    Kirimin ya om ke emailku...mikolaa@yahoo.com
    makasih yah...

    ReplyDelete
  17. Skemanya sudah diposting Boss, kalau skema penguat RF yang dayanya lebih besar masih belum kober posting maaf......Bosss

    ReplyDelete
  18. Bos, skalian posting cara bikin antena nya dwong?? thx berat boz...

    ReplyDelete
  19. askum...mas RRE Jombang.....saya newbie dalam dunia rf.... saya punya sender vhf, entah outputnya berapa ngak tahu... saya udah nyoba sampai c2053 aja hasilnya lumayan... saya mo coba bikin powernya pake c1970....

    yang saya tanyakan:
    1.power supply yang di butuhkan berapa ampere?
    2.skema power supplynya yang cocok untuk pemancat TV VHF ini seperti apa(minta skemanya dong)?
    3.kabel yang digunakan sebagai feeder menggunakan kabel merek apa? loosenya yang kecil tapi ekonomis?
    4.skema antenanya (detailnya / jenis / ukurannya) seperti apa?
    5.yang bagus untuk ukuran pemancar 500mw kabelnya berapa meter yang digunakan untuk mencapai hasil yang optimal?

    mohon dikirim ke email saya.....

    terimakasih sebelumnya waskum.....

    achsanhamidi@yahoo.com atau achsanhamidi@gmail.com

    ReplyDelete
  20. Pakai aja travo powernya yang 20 Amper gitu mas biar gede wattnya keluar ngga tersendat-sendat dan kasih 18 volt ct .selamat coba

    ReplyDelete
  21. Pak Rudi RRE di jombang boleh saya minta skema untuk modulasi mixer pemancar tv VHF/UHF stereo ,terima kasih sebelumnya.
    ruchwandaawan@yahoo.co.id atau awanruchwanda@gmail.com

    ReplyDelete
  22. Mas Awan ceritanya panjang kalau ,membutuhkan skema stereo modulator untuk pemancar TV memgingat tidak sesederhana yang mas bayangkan saat ini. Ada beberapa sistem suara stereo pada pemancar TV dimana sinyal audio pada pemancar TV itu dimodulasikan pada sub carrier (5,5MHz.)dengan sistem modulasi frekwensi (FM)jadi kalau mau membuat suara TV stereo harus ada stereo encoder yang sesuai dengan sistem stereo yang akan digunakan ( misal, zweiton atau nicam)sinyal yang dihasilkan encoder /modulator stereo ini berupa sinyal audio stereo komposit yang selanjutnya dimodulasikan pada sinyal sub pembawa suara pemancar TV....maaf Mas ceritanya panjang sekian dulu gambaranya juga saya mohon maaf nggak bisa membalas komen teman-2 mengingat kalau saya menanggapi kelihatanya seperti saya menerangkan kepada mahasiswa matrikulasi program...he...he...salammm.

    ReplyDelete
  23. Pak Rudi sekali lagi saya mau tanya kira2 berapa lilitan pada travo MF untuk mixer , lilitan untuk primer dan berapa lilitan untuk skunder agar bisa 5,5MHz ,- 10MHz atau tergantung kita mengecun ferit nya agar bisa sinkron dengan frekuwensi modulasi apamungkin bisa pengaruh pada layar gambarnya jadi ngga jelas/baik dan berdengung kitu , mohon penjelasannya. terima kasih sebelumnya atas penjelasannya.

    ReplyDelete
  24. skemanya tolong di upload ya mas

    ReplyDelete
  25. Kalo mo beli Pemancar TV VHF 500mW. harganya berapa ?& gmn byr nya ?

    ReplyDelete
  26. Kalo mo beli Pemancar TV VHF 500mW. harganya berapa ?& gmn byr nya ? atau email ke : boes4n@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  27. salam kenal dari ausr, mas ree boleh minta skemanya?
    emai saya : ausrkzz@gmail.com
    matur nuhun.

    ReplyDelete
  28. mas RRE yang baek hati bisa minta skema rangkaiannya dimohon untuk dikirim ke ekail : bee_jhoo@yahoo.co.id.
    terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  29. saya ARIPIN dr kal-bar
    mas RRE, saya ada bikin prmancar tv vhf,freq ny ud saya stel pd ch 6 vhf
    masalah nya, saya ga ada freq cunter, jadi ga bs liat brp MHz freq pd jalur ch6.
    soal ny untuk menentukan ukuran antene/maching antene, saya hrs mengetahui freq ny dl.
    tolong mas REE ya..

    ReplyDelete
  30. nanti kl berhasil, kami berencana untk merely siaran piala dunia 2014.
    melaui reciver digital matrix bola, (matrix yg menyiarkan piala dunia 2014)
    hitung2 untk tontonan rakyat kota pemangkat KAL-BAR
    tp kl jarak pancar ny lebih jauh, malah lebih baik. tp untk smntara saya hnya menggunakan final c9018,tp mampu untk jarak pancar 100meter

    ReplyDelete
  31. nanti kalau antene ny sudah siap, baru final ny d ganti c1970/c1971.krna kl antena ga matching ga berani pasang final mahal takut rusak

    ReplyDelete
  32. BRO aku minta daftar komponen yang dibutuhkan and sekemanya bro :)

    kalo pemancar diatas itu bisa menjangkau sampai berapa meter ya???

    ReplyDelete
  33. bagaimana cara modifikasi pemancar fm menjadi pemancar tv, pemancar fmnya sudah setereo

    ReplyDelete